Selasa, 16 Juli 2013

Penyebab Mulut Bau Naga Saat Puasa

Tidak hanya masalah dengan pencernaan, Ada hal lain yang terbilang cukup menonjol yang kerap ditemukan pada waktu bulan ramadhan yakni problem bau mulut. Karena merasa tidak percaya diri, maka menyebabkan sebagian orang jadi lebih pendiam, hal ini dikarenakan merasa takut mengganggu lawan bicara. Nah apa sesungguhnya yang mengakibatkan mulut jadi bau pada waktu bulan puasa ?

Terdapat 3 hal penting yang dapat mengakibatkan timbulnya bau mulut sewaktu berpuasa. Pertama, sinus di hidung. Kedua, situasi mulut termasuk gigi, karang gigi, gigi bolong, lidah, sariawan, serta infeksi jaringan lemak. dan ketiga, situasi dibawah mulut, yakni paru-paru serta saluran pencernaan.

Mengapa paru-paru dan saluran pencernaan bisa menjadi penyebab bau mulut? Menurut seorang Profesor, mungkin saja terjadi infeksi atau radang pada paru-paru. Sedangkan saluran pencernaan sangat erat hubungannya dengan makanan. Menurut penelitian, cairan pencernaan akan tetap keluar meskipun tidak ada asupan makanan selama puasa.

Hal ini akan mempengaruhi lapisan perut sehinga mengakibatkan munculnya bau busuk seperti bau makanan basi. Tak hanya itu, cadangan lemak dalam tubuh juga melepaskan bahan kimia keton yang didorong keluar bersamaan dengan keluarnya nafas, sehingga menambah aroma bau mulut.

Salah satu penyebab bau mulut juga karena tidak menyikat gigi selama bulan Ramadan. Untuk mencegah munculnya bau mulut, sebaiknya menyikat gigi tetap dilakukan seperti hari biasa. Meskipun tidak sarapan di pagi hari, menyikat gigi tetap harus dilakukan ketika bangun tidur. Menyikat gigi setelah santap sahur juga perlu dilakukan.

Selain itu, ada beberapa faktor lain seperti kurangnya air liur yang mengalir ke dalam mulut, pengeringan rongga mulut, dan berkembangnya bakteri di lidah dan gigi juga membuat mulut berbau tidak enak.

"Makanan yang tidak dicerna dengan baik akan menghasilkan asam ke lambung, kemudian akan menimbulkan gas yang dikeluarkan lagi melalui mulut. Ini juga bisa menjadi penyebab munculnya bau mulut saat berpuasa,". Ada beberapa contoh makanan yang bisa membuat munculnya bau mulut, antara lain durian, petai, dan jengkol. Ada baiknya makanan ini tidak dikonsumsi saat sahur. Tak hanya makanan,  minum obat maag juga memberi pengaruh. Pada mulut akan tercium aroma seperti aluminium.

Lantas mengapa ada juga orang berpuasa yang tidak memiliki masalah bau mulut? "Orang yang berpuasa tapi tidak bau mulut berarti tidak memiliki 3 masalah tadi. Tidak ada sinusitis atau penyakit hidung, giginya sehat, daya pencernaannya bagus, dan tidak ada infeksi paru-paru."

0 komentar:

Posting Komentar

AddThis

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template