Rabu, 17 Juli 2013

Inilah Bahaya Tidur Usai Makan Sahur

Kebiasaan orang-orang setelah aktivitas makan sudah dapat dipastikan rasa kantuk menyerang. Berdasarkan saran dari teman bahwa tidur setelah makan akan memancuing penyakit diabetes. hiiihh...untuk itu lebih baik Anda bersabar untuk menahan kantuk setelah makan hingga minimal dua jam dari waktu terakhir makan.
Terutama setelah sahur. Dari bangun juga mata masih merem, sambil nyantap makan juga merem. waaaahh.... sudah dipastikan habis santap sahur langsung tidur lagi. Tapi tahukah anda jika habis makan terus tidur  salah satunya yang bisa terjadi adalah tubuh lebih mudah menjadi gemuk. Penyebabnya yaitu tidur membuat metabolisme berjalan lambat yang akhirnya membuat penumpukan lemak di tubuh.

Lebih bahaya lagi jika sampai terjadi refluks. Kejadian ini bermula dari makanan yang belum sempat dicerna lambung, kembali berbalik menuju kerongkongan. Penyebabnya yaitu gaya gravitasi. Makanan dengan mudah kembali ke kerongkongan karena posisinya lebih rendah dari lambung.  Refluks ditandai oleh rasa pahit dimulut dan terasa ada sensasi panas di kerongkongan.
Efek samping dari refluks adalah dapat melukai kerongkongan. Pasalnya,makanan yang masuk ke lambung akan menjadi sangat asam. Saat makanan kembali ke kerongkongan, maka asam akan melukai dinding-dindingnya.  Dinding kerongkongan tidak sekuat lambung yang bisa menoleransi asam kuat.
Baiknya, jika Anda benar-benar mengantuk usai sahur, tahanlah kantuk hingga mencapai dua jam setelah makan. Jeda waktu tersebut akan dipakai oleh sistem pencernaan untuk melakukan pengosongan lambung. Hindari melek dalam posisi tiduran karena  menghambat pengosongan lambung.
Lebih  afdolnya, jeda dua jam Anda pakai untuk mengambil air wudhu dan pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat subuh. Selanjutnya, lakukan ibadah lain hingga muncul matahari pagi. Dengan begitu tidak terasa perut Anda telah kosong. Jika masih mengantuk, Anda bisa tidur sejenak dan terhindar dari risiko refluks.

0 komentar:

Posting Komentar

AddThis

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template